woman in red long sleeve writing on chalk board
Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Empat Kompetensi yang Harus Dikuasai Guru Menurut UU tentang Guru dan Dosen

Diposting pada

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh guru atau dosen dalam melaksanakan tugas keprofesionalan.

Adapun tentang kompetensi yang harus dikuasai guru memuat 4 macam, yakni:

a. Kompetensi Pedagogik

Pengertian kompetensi pedagogik ialah kemampuan yang harus dimiliki seorang guru ber­kenaan dengan karakteristik siswa yang dilihat dari berbagai aspek seperti moral, emosional, dan intelektual.

Hal ini mengandung arti bahwa seorang guru harus mampu menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar, karena pada dasarnya seorang siswa memiliki karakter, sifat, dan interest yang berbeda-beda.

Di samping itu seorang guru harus mampu mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan masing-masing dan disesuaikan dengan kebutuhan lokal.

Kompetensi ini meliputi:

(1) Memahami karakteristik peserta didik dari berbagai aspek, sosial, moral, kultural, emosional, dan intelektual;

(2) Memahami gaya belajar dan kesulitan belajar peserta didik;

(3) Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik;

(4) Menguasai teori dan prinsip belajar serta pembelajaran yang mendidik;

(5) Mengembangkan kurikulum yang mendorong keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran;

(6) Merancang pembelajaran yang mendidik;

(7) Melaksanakan pembelajaran yang mendidik; Memahami latar belakang keluarga dan masyarakat peserta didik dan kebutuhan belajar dalam konteks kebhinekaan budaya;

(8) Mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran.

b. Kompetensi Profesional

Kompetensi profesional memiliki pengertian yakni kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam yang memungkinkannya membimbing peserta didik memenuhi standar kompetensi.

Jadi, kompetensi ini menuntut seorang guru untuk menguasai substansi atau sisi bidang studi keilmuannya, menguasai struktur dan materi kurikulum bidang studi, mengorganisasikan materi kurikulum bidang studi, menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, meningkatkan kualitas pembelajaran melalui evaluasi dan penelitian.

c. Kompetensi Sosial

Kompetensi ini mengandung arti yakni kemampuan guru untuk beromunikasi secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali, dan masyarakat. 

Adanya kompetensi ini diharapkan seorang guru atau pendidik dapat menjalin komunikasi secara simpatik dan empatik dengan peserta didik, orang tua peserta didik, sesama pendidik dan tenaga kependidikan, dan masyarakat, serta guru atau pendidil berkontribusi langsung terhadap perkembangan siswa, sekolah dan masyarakat, dan dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) untuk berkomunikasi dan pengembangan diri.

d. Kompetensi Kepribadian

Kompetensi Kepribadian memiliki arti bahwa dalam menjalankan tugas dan fungsinya, seorang guru harus menunjukkan sikap dan kepribadian yang baik. Guru yang patut ditiru merupakan filosofi yang menunjukkan kemampuan kepribadian.

Ditiru karena guru diyakini mempunyai ilmu yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup siswanya. Seorang guru ditiru karena pada diri guru terdapat sikap dan pribadi yang baik.

Itulah empat kompetensi yang Harus dikuasai guru Menurut UU tentang Guru dan Dosen, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *