Chernobyl: Bencana Nuklir Terbesar Dalam Sejarah Umat Manusia

Diposting pada

Judul: Chernobyl

Penulis: Craig Mazin

Sutradara: Johan Renck

Pemain: Jared Harris, Stellan Skarsgård, Emily Watson

Jumlah Episode: 5 Episode

Tahun Rilis: 2019

26 April 1986 pukul 01.23 sebuah reaktor nomor 4 PLTN di kota Pripyat Ukraina meledak. Akibatnya inti atom terbuka dan isotop radioaktif dalam skala besar menyebar di seluruh kawasan Uni Soviet dan Eropa Utara. Setidaknya ada ribuan orang lebih meninggal akibat bencana Chernobyl. Tidak hanya itu ratusan ribu orang harus terpaksa meninggalkan tempat tinggalnya yang berada kedalam zona eklusif, mereka harus di evakuasi ke tempat yang jauh dari paparan radiasi. Beberapa hewan yang tinggal di zona eklusif mengalami kelainan fisik dan pohon-pohon menjadi tumbuh lebih lambat akibat paparan radiasi.

Bencana Chernobyl merupakan salah satu bencana yang besar dan mengerikan dalam sejarah umat manusia. Untuk mengenang para korban dan para pahlawan yang merelakan nyawanya guna evakuasi, mitigasi, dan investigasi bencana tersebut, HBO yang berkolaborasi dengan Sky Studio merilis mini serial berjudul Chernobyl dengan lima episode. Episode pertama dirilis pada 6 Mei 2019 di Amerika dan Inggris. Film itu ditulis oleh Craig Mazin dan disutradarai oleh Johan Renck serta dimainkan oleh beberapa Aktor dan aktris terkenal antara lain Jared Harris, Emily Watson, Stellan Skarsgård dan Jessie Buckley.

Chernobyl sukses meraih perhatian penonton, dilansir dari website IMDb Chernobyl berada di urutan ke-5 Top Rated TV Shows dengan rating yang tinggi yaitu 9,4. Chernobyl membuat takjub penontonnya karena mini serial tersebut menyajikan dengan jelas bagaimana tragedi Chernobyl bisa terjadi. Ditambah penonton juga bisa menambah wawasan sejarah tentang tragedi Chernobyl.

Setiap episode diukir dengan cara yang berbeda, cerita dimulai beberapa menit sebelum bencana dan semuanya mulai terurai dengan lambat. Episode pertama bertumpu pada ketakutan, kebingungan dan ketidakpedulian pejabat pemerintah yang mencoba untuk menekan bencana, sedangkan episode kedua memperlihatkan keparahan situasi. episode ketiga, penonton bisa melihat kehancuran efek samping dari insiden tersebut. episode keempat, The Happiness of All Mankind , memberikan giliran yang rasional untuk alur ceritanya. Operasi penyelamatan dimulai, ribuan penduduk diminta untuk mengevakuasi rumah mereka dan sejumlah hewan tak berdosa dibunuh karena terpapar radiasi. Dan yang terakhir episode kelima,  mengungkap kebenaran tragedi chernobyl.

Mini serial Chernobyl mengangkat Valery Legasov (Jared Harris) sebagai tokoh sentral, ia merupakan seorang ilmuan nuklir sekaligus wakil direktur Instintut Tenaga Atom Kurchatov. Legasov ditugaskan untuk mencari tahu penyebab reaktor RBMK nomor 4 meledak dan memitigasi dampaknya. Ia dibantu oleh Boris Shcherbina (Stellan Skarsgård) seorang politikus Uni Soviet yang menjabat sebagai wakil ketua dewan menteri dan kepala Biro Bahan Bakar dan Energi. Ia juga dibantu oleh Ulana Khomyuk (Emily Watson) seorang ilmuan dari Institut Nuklir Byelorusia, Ulana Khomyuk merupakan tokoh fiktif yang dibuat untuk mempresentasikan puluhan ilmuan yang bekerja keras membantu Legasov di Chernobyl.

Lebih dari 600.000 orang dikerahkan untuk mengabdi di zona eksklusif guna proses evakuasi dan penyelidikan bencana Chernobyl. Valery Legasov dan Khomyuk harus bekerja keras dalam mengungkap fakta meledaknya reaktor nuklir nomor 4.

Proses investigasi dan evakuasi ini diwarnai dengan berbagai hambatan, mulai dari resiko bocornya reaktor nuklir yang tersisa hingga tingkat radiasi yang tinggi yaitu 400 kali radiasi bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. Mereka yang bekerja dalam proses evakuasi harus rela terkena paparan radiasi nuklir yang mengancam kesehatan hingga nyawa mereka.

Saya sangat kagum dengan Jared Harris dalam penggambaran Legasov yang bersahaja. Di tangan Harris, pembawaanya yang tenang tidak hanya menavigasi penonton ke cerita yang rumit, tetapi juga membuat penonton benar-benar merasakan ketakutan, ketegangan, frustrasi, dan konflik moral yang dihadapi Legasov.

Skarsgård mungkin dikenal sebagai Dr. Selvig yang eksentrik dalam film-film Marvel Thor, tetapi disinilah tempatnya ia berkaliber. Ia memerankan Scherbina yang muncul sebagai politisi karir partai komunis, tetapi ketika ia terbenam dalam bencana Chernobyl yang buruk, ia menemukan kebenaran dan perlahan-lahan kepercayaanya terhadap partai terkikis.

Emily Watson juga berperan sebagai Ulyana Khomyuk, seorang ahli fisika yang menjadi tokoh kunci dalam penyelidikan. Saya simpulkan bahwa Ulyana adalah karakter komposit, ia berkeliaran dengan bebas ke subplot lain. Watson memberikan kinerja yang tulus, tetapi karakter Khomyuk diberi garis pemikul beban yang paling menyakitkan.

Akting yang mumpuni tak hanya dihadirkan ketiga orang tersebut tetapi juga aktor-aktor pendukung lainya di  film ini, terutama saya sangat terkesan dengan Paul Ritter yang berperan sebagai Anatoly Dyatlov, wakil kepala teknisi PLTN. Inilah sosok yang paling menjengkelkan dalam mini seri Chernobyl ini, sosok yang ngotot dengan tes keamanan reaktor  dialah yang berada di ruang kontrol ketika ledakan reaktor terjadi, melalui sikapnya yang otoriter kepada para bawahanya membuat penonton sangat kesal. Tentu saja performa para aktor didukung dengan skrip yang kuat yang membahas tragedi Chernobyl secara ilmiah yang disederhanakan sehingga orang awam pun dapat memahami.

Tidak hanya mendapat pujian, film ini juga mendapat berbagai macam kritikan antara lain pertanyaan historis yang masih belum terjawab dalam film ini. seperti artikel Regnum mengklaim miniseri itu anti-Soviet, yang meracuni otak pemirsa, sehingga menjadi distorsi yang disengaja. film ini dianggap terlalu menyudutkan Soviet, yang mana dalam film ini digambarkan seperti proses evakuasi yang lama dan pihak Soviet yang terus menutupi soal bencana tersebut.

Gambar Gravatar
suka nonton film sendirian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *