film wes anderson

7 Film Karya Wes Anderson Terbaik yang Wajib Ditonton

Diposting pada

Wes Anderson merupakan sutradara film Hollywood yang terkenal karena teknik sinematografi yang sangat memukau.

Saya mulai mengenal Wes Anderson setelah menonton sekuel garapannya berjudul The Grand Budapest Hotel yang dirilis pada tahun 2014.

Seketika itulah saya jatuh cinta pada film-film garapan Wes Anderson yang menurut saya sangat epik dalam menampilkan sinematografi.

Ketika menonton film garapan Wes Anderson yang saya tuju bukanlah alur ceritanya melainkan sinematografi yang berwarna-warni yang anti-mainstream.

Mungkin bagi sobat pembaca juga sama, apabila ketika menonton film garapan Wes Anderson akan sangat terpukau akan teknik sinematografi yang ia rancang.

Oleh karena itu kali ini saya akan merangkum film garapan Wes Anderson terbaik yang wajib anda tonton.

1. The Grand Budapest Hotel (2014)

Sumber: Imdb.com

The Grand Budapest Hotel menurut saya adalah film terbaik garapan Wes Anderson.

Film ini mengisahkan petualangan Gustave H seorang pramutama hotel The Grand Budapest dalam mengamankan barang warisan dari kekasihnya Madame D berupa lukisan “Boy with Apple”.

Spanjang petualangannya ia ditemani oleh anak buahnya Zero Mustofa seorang lobby boy The Grand Budapest Hotel.

Dalam mengamankan lukisan “Boy with Apple” tak mudah, Gustave H harus berhadapan keluarga Madame D yang tidak terima akan pemberian warisan yang diberikan kepada Gustave. Juga berbagai rintangan lainya harus menimpa Gustave H dan Zero Mustofa sepanjang perjalannanya.

2. The Darjeeling Limited (2007)

Sumber: Imdb.com

The Darjeeling Limited berkisah tentang tiga bersaudara Whitman yang melakukan perjalanan memutari India menggunakan kereta api Darjeeling Limited.

Perjalanan ini direncanakan oleh Francis si sulung yang mengajak kedua adiknya ke India, karena setelah kematian ayahnya mereka bertiga jarang bertemu dan keakraban ketiganya mulai pudar.

3. Fantastic Mr. Fox (2009)

Sumber: Imdb.com

Fantastic Mr. Fox merupakan film animasi pertama garapan Wes Anderson. Film ini dirilis pada tahun 2009, dimana film ini menjadi perbincangan yang ramai pada tahun tersebut karena menampilkan sekuel animasi stop-motion yang epik.

Film ini mengisahkan Mr. Fox, si rubah yang cerdik dan ahli dalam hal mencuri ayam. Tetapi pekerjaanya mencuri ayam itu harus ia tinggalkan lantaran istrinya hamil.

Mr. Fox akhirnya memutuskan untuk berhenti mencuri ayam dan memutuskan untuk bekerja sebagai penulis kolom koran.

Sebenarnya kehidupan keluarga Mr. Fox lancar sampai akhirnya Mr. Fox memutuskan untuk melakukan pencurian lagi. Tiga peternak yang kejam dan kaya lah yang menjadi sasaran target Mr. Fox.

Mr. Fox berhasil mencuri seluruh target, hingga akhirnya ketiga peternak memutuskan memburu Mr. Fox dan ingin membunuhnya. Alhasil Mr. Fox dan kelurganya harus mengungsi di bawah tanah.

Tidak hanya kelurga Mr. Fox saja, tetapi tetangga-tetangga Mr. Fox harus menjadi korban akibat ulah Mr. Fox. Mr. Fox dan rekan-rekanya harus memutar otak agar mereka bisa lolos dari uberan ketiga peternak tersebut.

4. Moonrise Kingdom

Sekuel ini ber-setting tahun 60-an disebuah pulau bernama New Penzance. Menceritakan dua orang pemuda Sam Shakusky dan Suzy Bishop yang kabur dari perkemahan Khaki  Scout.

Seluruh warga pulau New Penzance dibuat geger hilangnya Sam dan Suzy. Keluarga dan orang-orang stempat pun mencari mereka. Ternyata uasaha kabur Sam dan Suzy sudah mereka rencanakan sebelumnya.

Lagi-lagi saya menyukai film ini karena sinematografinya yang memukau. Dialog-dialog dark joke ciri khas film Wes Anderson juga bisa anda temui di sekuel yang satu ini.

5. The Royal Tenenbaums (2001)

Sekuel garapan Wes Anderson yang satu ini mengisahkan keluarga Tenenbaum yang disfungsional. Mr. Royal dan Mrs. Etheline telah bercerai sejak anak-anaknya masih kecil.

Mereka memiliki tiga orang anak yakni richie, Margot, dan Chas. Tiga anaknya ini menjalani kehidupan masing-masing. Hingga akhirnya setelah terpisah 22 tahun mereka berkumpul kembali di rumah masa kecil mereka.

Tetapi hal itu tidak menjadi hal yang menggembirakan, sebaliknya banyak masalah yang terjadi ketika mereka semua berkumpul. Sang ayah, Mr. Royal berusaha memperbaiki hubungan keluarganya dan pura-pura sekarat demi mendapatkan perhatian dari keluarganya.

6. Rushmore (1998)

Film Rushmore mengisahkan pemuda sederhana bernama Max. Max juga berasal dari keluarga sederhana, ayahnya hanya bekerja sebagai tukang potong rambut.

Suatu ketika Max berhasil diterima di Rushmore Academy sebuah sekolah bergengsi dan favorit. Max masuk di Rushmore Academy melalui jalur undangan beasiswa.

Max harus mempertahankan prestasinya untuk tetap bersekolah di Rushmore Academy, tetapi hal itu sangat sulit bagi Max untuk mempertahankan prestasinya di Rushmore Academy. Ia diancam kepala sekolah bahwa beasiswa Max akan dicabut.

Akhirnya Max bertemu dengan Herman Blume, seorang pengusaha yang kaya dan juga lulusan Rushmore Academy dan ia menjadi teman baik Max.

Namun keadaan berubah ketika mereka berdua terjebak dalam persaingan cinta karena sama-sama merebutkan seorang wanita yang berprofesi debagai guru SD.

7. Isle of Dogs (2018)

Lagi-lagi Wes Anderson menggarap film yang satu ini dengan teknik stop-motion.

Isle of Dogs yang dirilis tahun 2018 ini mengisahkan dimana kota Megasaki, Jepang sedang di serang wabah virus yang berasal dari anjing.

Pemerintah setempat meminta agar anjing-anjing yang berkeliaran di kota agar dimusnahkan dan dibuang.

Anjing-anjing yang ditangkap akan ditempatkan di sebuah pulau yang disebut Isle of Dogs untuk mencegah tersebarnya virus.

Atari menentang keputusan pemerintah soal keputusan ini. Ia kemudian pergi untuk menyelamatkan anjing kesayangannya bernama Spot dengan dibantu oleh lima anjing bernama Chief, Rex, King, Boss, dan Duke.

Gambar Gravatar
suka nonton film sendirian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *