Media online yang menerima tulisan

10 Tips Membeli Laptop Second agar tidak Tertipu

Diposting pada

Bagi seseorang yang tidak paham barang elektronik memang akan sangat kesusahan apabila ingin memilih barang elektronik bekas yang masih bagus untuk dibeli.

Orang yang tidak paham masalah elektronik atau teknologi juga rentan ditipu penjual ketika akan membeli sebuah barang elektronik yang berteknologi canggih.

Salah satunya adalah laptop, barang elektronik yang satu ini memang menjadi perburuan semua kalangan. Tak jarang kebanyakan orang memilih membeli laptop bekas untuk dibeli dengan alasan harganya lebih murah.

Oleh karena itu kali ini Matang Dream akan memberikan 10 tips membeli laptop second agar pembaca sekalian tidak tertipu ketika bertransaksi.

1. Pilih Laptop yang Sesuai Kebutuhan

Tentukan dulu apa tujuan anda membeli laptop, apakah untuk kerja di kantor, kuliah, main game, dan sebagainya.

Setelah tujuan anda memilih laptop sudah ditentukan maka anda akan tidak bingung ketika membeli laptop, karena pada dasarnya jenis laptop itu ada banyak dan sesuai kebutuhanya juga.

Anda bisa cari di internet banyak sekali situs yang mengulas tentang spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan laptop yang anda incar.

2. Periksa Body Laptop

Sebelum membeli periksa terlebih dahulu body laptop yang akan dibeli. Pastikan body laptop masih kokoh dan tidak ada retakan, juga periksa kembali baut pada laptop apakah masih komplit atau sudah ada yang hilang.

3. Periksa Kondisi Layar Laptop

Cek terlebih dahulu kondisi layar laptop, apakah ada bercak-bercak atau garis di layar. Biasanya para pembeli kurang teliti untuk masalah ini, jadi usahakan cek secara hati-hati tentang kondisi layar laptop.

4. Cek Ketahanan Baterai

Perikasa terlebih dahulu baterai laptop yang anda beli, caranya dengan menghidupkan laptop dan cobalah untuk gunakan sambil mengecek hal lain. Jika baterai laptop tahan lama maka bisa dibilang baterai masih bagus, tetapi jika baterai laptop tersebut cepat habis maka bisa jadi baterai laptop tersebut sudah mengalami drop.

5. Periksa Keyboard Laptop

Silahkan periksa semua tombol keyboard apakah masih berfungsi semua atau sudah ada yang tidak berfungsi. Biasanya para pembeli tergesa-gesa akan membeli laptop bekas sampai lupa bahwa ada tombol keyboard yang tidak berfungsi, hal ini sangat fatal sekali karena keyboard merupakan komponen yang sangat penting.

6. Cek Port dan Input

Cek terlebih dahulu port dan input pada laptop. Misalnya port usb, cas, headset, hdmi, dan sebagainya. Apakah semua port dan input tersebut masih bisa konek atau sudah eror.

7. Cek Kamera

Bisanya laptop sekarang ini sudah dilengkapi dengan kamera. Silahkan anda cek terlebih dahulu kamera pada laptop yang akan dibeli, apakah masih jernih atau sudah buram atau juga malah sudah mati.

8. Cek Software Laptop

Hal yang paling penting lainya pada laptop adalah software/ perangkat lunak. Silahkan cek terlebih dahulu perihal sistem operasi pada laptop. Dan juga cek apakah software yang dipasang pada laptop merupakan software bajakan atau juga terkena virus. Untuk hal ini apabila anda tidak mengetahui tentang software maka saya sarankan untuk membawa teman yang paham akan software.

9. Cek Kelengkapan Dokumen Laptop

Barang elektronik bekas yang baik adalah yang mempunyai dokumen yang komplit. Minimal barang tersebut masih terdapat dokumen lisensi keaslian barang tersebut. Dan juga perihal nomor imei yang berfungsi sebagai identitas laptop maka anda harus mencocokanya.

10. Ajak Teman Yang Paham Laptop

Tips yang terakhir dari saya ketika anda akan membeli laptop bekas adalah memebawa teman yang paham laptop. Hal ini akan mempermudahkan anda untuk mengetahui sejauh mana laptop yang akan anda beli masih layak untuk dipakai. Dengan mengajak teman yang paham laptop, anda bisa meminta bantuan untuk mengecek semua kondisi baik hardware maupun software.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *